New Bie...?!
Geliat bisnis #e-commerce
di Indonesia memang dengan perlahan telah menunjukkan tajinya.
Perdagangan berbasis elektronik dengan kosep toko online ini menurut
data biro riset Frost & Sullivan menunjukkan tren yang terus
berkembang dengan rata-rata pertumbuhan 17% setiap tahunnya.
Meskipun belum terjamah seluruh lingkup
masyarakat, pembelian secara online ini telah banyak digandrungi orang,
terutama masyarakat perkotaan. Potensialnya bisnis ini pada akhirnya
mendorong munculnya berbagai #toko online baru yang hadir untuk menyemarakkan dan mencoba peruntungannya di pasar e-commerce Indonesia.
Setelah beberapa tahun lamanya melakoni
persaingan di industri perdagangan elektronik, kini telah terlihat ada
setidaknya 6 pelaku industri e-commerce yang telah teridentifikasi
mendominasi pasar online Indonesia. Hebatnya, walaupun rata-rata masih
melibatkan pendanaan asing, beberapa diantara toko online tersebut
adalah perusahaan yang dirintis oleh putra-putri asli Indonesia.
Lalu situs online mana saja yang ditengarai telah mendominasi pasar ecommerce Indonesia tersebut. Berikut ulasannya.
1. Situs E-Commerce Tokopedia
Situs e-commerce pertama yang paling
sukses mendominasi pasar online Indonesia adalah Tokopedia.com.
Didirikan pada tanggal 6 Februari 2009 oleh William Tanuwijaya dan
Leontinus Alpha Edison, PT. Tokopedia kini telah menjelma sebagai salah
satu pelaku e-commerce terbesar di Indonesia.
Bagaimana tidak, situs yang pertama kali
muncul dalam versi beta ini telah berhasil menjadi situs marketplace
online dengan tingkat kunjungan paling tinggi di Indonesia, yakni di
peringkat 55 menurut situs web pengukur tingkat dan kualitas
kunjungan Alexa.com per tanggal 1 April 2013. Dengan 20 ribu merchant,
56 ribu anggota terdaftar dan ratusan ribu produk yang dimiliki,
Tokopedia telah mampu mencatatkan transaksi yang mencapai miliaran
rupiah.
Artikel lain: Tokopedia ~ eCommerce Lokal Berkonsep Mall Online
2. OLX (Tokobagus+Berniaga)
Sebelum diakuisisi OLX pada bulan Mei
2014, TokoBagus.com merupakan salah satu situs iklan baris terbesar di
Idnonesia. Situs yang diinvestasi oleh Myriad International Holdings
(MIH) ini mengakomodasai para penggunanya untuk mengiklankan berbagai
macam jenis barang yang ingin dijual secara gratis.
Dengan kunjungan yang mencapai 100 ribu
perharinya, toko online yang didirikan tahun 2005 ini terus bertumbuh
dengan pesat hingga kemudian menarik OLX untuk mengakuisisi situs ini.
TokoBagus.com sendiri kala itu mendapatkan keuntungan dari iklan
komersial dan biaya keanggotaan premium yang ditawarkan bagi para
pengguna setianya.
Salah satu pesaing TokoBagus saat itu
adalah Berniaga.com. Tanpa disangka Berniaga menjadi situs iklan baris
yang juga berkembang pesat. Situs ini beroperasi di bawah bendera
perusahaan PT 701Search ini telah beroperasi sejak Desember 2009 dan
menawarkan pemasangan iklan gratis di berbagai kategori seperti
properti, kendaraan, elektronik, dan lain-lainnya.
Kemajuan yang ditunjukkan oleh toko jual
beli online yang memiliki slogan “Jual beli mudah di berniaga.com” ini
kemudian juga menarik OLX untuk mengakuisisnya pada 14 Januari 2015.
3. Bhinneka
Situs e-commerce berikutnya yang telah
merajai perdagangan online Indonesia adalah Bhinneka.com. Dengan
berfokus pada penjualan perangkat-perangkat IT atau #teknologi,
Bhinneka telah mampu bersaing dan juga tumbuh pesat dengan mencatat
transksi yang mencapai 400 transaksi dari 2 persen total
kunjungan online perharinya.
Sistem penjualan Bhinneka sendiri cukup
menarik karena selain menjual secara online, pihak Bhinneka juga membuka
toko offline yang tersebar di beberapa lokasi di wilayah Jakarta. Toko
offline ini dibuka untuk mengakomodir para konsumennya yang tak memiliki
akses terhadap jaringan #internet.
4. Lazada Indonesia
Toko online yang dijuluki Amazon-nya
Asia ini juga tak bisa dilewatkan dari daftar situs e-commerce terbesar
di Indonesia. Dilaunching tahun 2012 kemarin, Lazada Indonesia
memfasilitasi para online shopper Indonesia untuk berbelanja aneka jenis
produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak, hingga alat kesehatan
dan produk kecantikan. Dengan basis dan jaringan pada perusahaan raksasa
ritel asal Jerman bernama Rocket Internet, tentu Lazada Indonesia
menjadi sangat kuat dalam hal pendanaan dan pengorganisasiannya.
5. Zalora Indonesia
Terakhir, situs e-commerce yang telah
mendominasi pasar online di Indonesia adalah Zalora Indonesia. Sebagai
salah satu cabang dari Zalando, situs belanja online terbesar Eropa,
Zalora Indonesia mengkhususkan layanannya pada kebutuhan fashion dari
beragam brand terkenal baik produk lokal maupun internasional. Sejak
berdiri pada tahun 2012 lalu, Zalora Indonesia telah mampu bersaing
dalam ketatnya e-commerce Indonesia dan akhirnya menjadi salah satu
situs online yang laris manis.
0 komentar:
Post a Comment